• Kamis, 1 Desember 2022

Mendukung Pendidikan Anak Sangihe dan Sitaro Melalui Penyaluran Dana BOS dan Dana BOP Pendidikan

- Selasa, 18 Oktober 2022 | 09:02 WIB
Mendukung Pendidikan Anak Sangihe dan Sitaro Melalui Penyaluran Dana BOS dan Dana BOP Pendidikan   (Images: Ilustrasi)
Mendukung Pendidikan Anak Sangihe dan Sitaro Melalui Penyaluran Dana BOS dan Dana BOP Pendidikan (Images: Ilustrasi)

Penulis : Manuel M. Sabari - KPPN Tahuna

 

 

BIBIRPASIFIK.COM- Pemerintah selalu berkomitmen untuk memberikan dukungan pendidikan bagi setiap anak, karena anak-anak merupakan sumber daya manusia yang nantinya akan melanjutkan dan mengisi pembangunan dimasa yang akan datang.

Dari sisi fiskal, Pemerintah memberikan jaminan peningkatan pendidikan anak-anak Indonesia melalui Undang-Undang Dasar Tahun 1945 Amandemen ke-4 pasal 31 ayat 4, yang berbunyi:
"Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya dua puluh persen dari anggaran pendapatan dan belanja negara serta dari anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaran pendidikan nasional."APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) telah mengalokasikan langsung anggaran pendidikan melalui Kementerian Negara/Lembaga yang menangani bidang pendidikan. Selain itu juga anggaran pendidikan dilakukan melalui mekanisme Dana Transfer ke Daerah, khususnya dalam bentuk Dana Operasional Sekolah (BOS), Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan (BOP), dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik bidang Pendidikan, yang disalurkan melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).


Penyaluran Dana BOS terus mengalami perubahan, pada awalnya Dana Bos disalurkan langsung melalui KPPN Jakarta II ke masing-masing Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia. Tahun 2020 disalurkan oleh 34 KPPN yang berada di ibukota provinsi seluruh Indonesia. Mulai tahun 2022 disalurkan oleh seluruh KPPN di Indonesia yang berjumlah 173 KPPN, termasuk KPPN Tahuna.


Dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) adalah dana yang digunakan terutama untuk mendanai belanja nonpersonalia bagi satuan pendidikan dasar dan menengah sebagai pelaksana program wajib belajar dan dapat dimungkinkan untuk mendanai beberapa kegiatan lain sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Penerima Dana Bos adalah SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMALB, SLB, dan SMK.

Baca Juga: TRANSFORMASI DIGITAL UMKM BISA MENJADI PENYEDIA BARANG/JASA MELALUI DIGIPAY-MARKETPLACE PEMERINTAH


Dana BOP PAUD (Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini)  adalah dana yang digunakan untuk biaya operasional nonpersonalia dalam mendukung kegiatan pembelajaran pendidikan anak usia dini. Penerima Dana BOP PAUD adalah Taman Kanak-kanak, Kelompok Bermain, Taman Penitipan Anak, dan Satuan Paud sejenis. Sedangkan Dana BOP Kesetaraan merupakan dana bantuan yang dialokasikan untuk penyediaan pendanaan biaya operasional non personalia dalam mendukung kegiatan pembelajaran program Paket A, Paket B, dan Paket C sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Penerima BOP Kesetaraan adalah Sanggar Kegiatan Belajar dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat.

Halaman:

Editor: Jay Bawole

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspadai Cuaca Ekstrim; Begini Himbauan BPBD Sangihe

Kamis, 27 Oktober 2022 | 17:34 WIB

DPC GMNI Sangihe: Rapimnas Ancol 15-17 Oktober Ilegal

Senin, 17 Oktober 2022 | 20:27 WIB

MAH Terbukti Terima Uang USD 100 Dari Hacker Byorka

Minggu, 25 September 2022 | 23:51 WIB
X