• Minggu, 25 September 2022

Mengenal Demianus Dike Manusia Pembalut Dari Papua Pendobrak Pantangan

- Kamis, 2 Juni 2022 | 00:21 WIB
Demianus Dike sedang mengajar siswa membuat pembalut
Demianus Dike sedang mengajar siswa membuat pembalut

 

BIBIRPASIFIK.COM-- Selain kaya karena memiliki sumber daya alam yang melimpah, Tanah Papua, juga dikarunia budaya dan adat istiadat sebagai tatanan dan kearifan lokal untuk landasan hidup. Sehingga dampak budaya yang kuat ini menjadikan beberapa hal tabu dibahas oleh kalangan laki- laki seperti menstruasi pada kaum perempuan.

Tapi tidak bagi seorang Demianus Dike warga Papua yang berani mendobrak pantangan dan mematahkan mitos yang dianggapnya sebagai kesalahapahaman terkait menstuari di komunutasnya.

Demianus Dike akrab disapa Demi merupakan seorang pekerja sosial dari Yayasan Noken Papua, sebuah organisasi non-pemerintah lokal yang berfokus pada pembangunan kesehatan dan pendidikan di Papua.

Baca Juga: Mengenal Pulau Marampit Perbatasan Indonesia- Philipina Yang ‘Diterlantarkan’ Pemerintah Pusat

Dalam perannya, ia tidak hanya mendidik masyarakat tentang manajemen kesehatan dan kebersihan menstruasi (MKM) tetapi juga mengajarkan siswa, guru, dan kepala sekolah cara membuat pembalut yang dapat digunakan kembali dari kain. Karena kemapuan dan kepiawaiannya, oleh teman-temanya ia dijuluki manusia pembalut dari Papua.

Demi prihatin bahwa beberapa anak perempuan di daerah pedesaan di Papua tidak masuk sekolah ketika mereka menstruasi dan ia bertekad untuk mengubah hal ini. Baru-baru ini ia memfasilitasi pelatihan MKM selama tiga hari di Sentani, Kabupaten Jayapura dengan dukungan dari Pemerintah Kabupaten, UNICEF dan Yayasan Noken Papua.

Pelatihan tersebut melibatkan 20 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki dari SD dan SMP se-Kabupaten Jayapura, yang didampingi oleh guru dan kepala sekolah. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk melatih para siswa menjadi Kader Kesehatan Remaja (KKR), yang akan mendidik teman-temannya tentang MKM di sekolahnya masing-masing.

Baca Juga: Puteri Indonesia 2022 Kunjugi Presiden Joko Widodo Ini Yang Dibahas

Halaman:

Editor: Ronny Serang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengalaman Inspiratif Momo Sangihe 2022 Maureen Aling

Rabu, 7 September 2022 | 19:33 WIB

Terpopuler

X