• Minggu, 25 September 2022

Mengenal Pulau Marampit Perbatasan Indonesia- Philipina Yang ‘Diterlantarkan’ Pemerintah Pusat

- Rabu, 1 Juni 2022 | 22:51 WIB
Sangat memprihatinkan kondisi pelabuhan laut Pulau Marampit (ist)
Sangat memprihatinkan kondisi pelabuhan laut Pulau Marampit (ist)

BIBIRPASIFIK.COM- Pulau Marampit merupakan salah satu pulau terluar di Kabupaten Kepulauan Talaud Provinsi Sulawesi Utara, berbatasan dengan negara tetangga Philipina.

Akan tetapi pulau yang jadi etase dan wajah Indonesia dibagian Utara ini,  justru, Pulau Marampit nasibnya sangat memprihantinkan dan terkesan ditelantarkan oleh pemerintah pusat, serta berbanding terbalik dengan daerah perbatasan lainya seperti Papua dan Kalimantan yang dimanjakan dengan segala fasilitas kelas wahid oleh pemerintah pusat.

Sehingga program yang ditelorkan oleh Presiden Indonesia Joko Widodo membangun dari pinggiran dan perbatasan hanya dianggap bualan bagi warga Pulau Marampit karena tidak dirasakan langsung manfaatnya bagi daerah perbatasan dengan Philipina ini.

Baca Juga: AKBP Denny Tompunuh Gelar Open Tournament Hadiah Terbesar di Sulut

Warga Pulau Marampit saat ini, Jangankan menikmati fasilitas mewah yang menggambarkan kekuatan ekonomi Indonesia di mata negara tetangga, fasilitas untuk memenuhi kebutuhan dasar 5 kampung di Pulau Marampit pun masih jauh panggang dari api.

Salah satu fasilitas yang sangat dibutuhkan warga Pulau Marampit Kabupaten Kepulauan Talaud saat ini untuk menunjang  giat ekonomi khususnya untuk memenuhi pasokan dan stok bahan pokok masyarakat adalah; adanya pelabuhan laut yang refresentatif agar kapal (PELNI) pengangkut kebutuhan pokok yang didatangkan baik dari ibu kota kabupaten maupun dari luar daerah bisa berlabuh dengan baik.

Dikutif dari Lintasutara.com saat ini Pulau Marampit sudah memiliki Pelabuhan laut, namun kondisinya sudah rusak dan setiap saat bisa membahayakan nyawa warga yang menggunakan pelabuhan serta tidak lagi memenuhi standar bagi kapal Pelni yang selama ini menjadi transportasi satu- satunya dari dank ke Pulau Marampit untuk berlabuh.

Baca Juga: Jasad Wisatawan Tenggelam di Pantai Citepus Sukabumi Ditemukan

Menyikapi masalah yang dihadapi warga Pulau Marampit dengan minimnya perhatian bahkan terkesan dibiarkan oleh pemerintah pusat bahkan sengaja menutup mata bagi penderitaan wilayah perbatasan, membuat Tokoh MudaTalaud, Nofryan Maariwut angkat bicara meminta agar pemerintah pusat memiliki kepekaan dan perhatian bagi warga yang bermukim di pulau terluar paling utara ini.

Halaman:

Editor: Ronny Serang

Sumber: lintasutara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengalaman Inspiratif Momo Sangihe 2022 Maureen Aling

Rabu, 7 September 2022 | 19:33 WIB

Terpopuler

X