• Minggu, 25 September 2022

Mengenal Katrence Kamea Nenek Berusia 100 Tahun Asal Sulawesi Utara

- Senin, 30 Mei 2022 | 23:21 WIB
Katrence Kamea Nenek Berusia 100 Tahun.
Katrence Kamea Nenek Berusia 100 Tahun.

BIBIRPASIFIK.COM—Indonesia merupakan salah satu negara dengan Angka Harapan Hidup (AHH) yang terus meningkat beberapa tahun terakhir, bahkan terdapat warga yang berusia hingga 100 tahun.

Di Provinsi Sulawesi Utara sendiri, ada nenek yang berusia 100 tahun bernama Katrence Kamea, saat ini berdomisi di Desa Kalasey Kecamatan Mandolang Kabupaten Minahasa. Dan menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2021, AHH di Sulawesi Utara berada pada angka rata- rata 69,8 (laki- laki) dan 73, 7 (perempuan).

Nenek Katrence Kamea lahir di Kampung Kisihang Tagulandang, Kecamatan, Tagulandang Selatan Kabupaten SITARO, tahun 1922 adalah anak ke 3 dari pasangan suami istri Dawit Kamea dan Ledia Wulanta keduanya sudah almarhum. Nenek Katrence Kamea baru saja merayakan ulang tahunya yang ke 100 tahun pada 10 Mei 2022 lalu.

Baca Juga: Rinny Tamuntuan Wanita Pertama Penjabat Bupati Sangihe

Wanita yang menikah dengan One Porus Lampeang ini, dikarunia 7 orang anak, 2 putra dan 5 putri dengan 23 cucu, 45 cece serta 14 cicit.

Salah satu warga Indonesia yang lahir di zaman penjajahan belanda ini, mengungkapkan, umur panjang yang ia terima merupakan anugerah Tuhan, karena dalam menjalani hidup selalu iklas dan banyak bersyukur.

"Kuncinya dalam menjalani hidup harus iklas dan bersyukur serta jangan berhenti berdoa," ujar nenek yang akrab disapa Lince ini.

Baca Juga: Sempat Arak – Arakan Keliling Kota Tahuna, Pj. Bupati Sangihe Rinny Tamuntuan Disambut Meriah dan Sukacita

Menurutnya, ia merupakan orang yang sangat beruntung diizinkan oleh Tuhan menikmati umur panjang boleh menyaksikan tumbuh kembang cucu, cece bahkan cicit.

"Sangat berbahagia boleh menikmati usia 100 tahun dikelilingi orang- orang menyayangi dan menyamangati saya," tuturnya.

Halaman:

Editor: Ronny Serang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengalaman Inspiratif Momo Sangihe 2022 Maureen Aling

Rabu, 7 September 2022 | 19:33 WIB

Terpopuler

X