• Minggu, 25 September 2022

Robert Wolter Mongosidi Pahlawan Nasional Asal Sulawesi Utara

Jay
- Selasa, 10 Mei 2022 | 15:00 WIB
Rober Wolter Mongonsidi (Tirto Id)
Rober Wolter Mongonsidi (Tirto Id)

 

 

BIBIRPASIFIK.COM- Robert Wolter Mongonsidi merupakan Pahlawan Nasional Indonesia yang ikut memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia, Beliau lahir di Manado, Pada tanggal 1 Februari 1925 dan wafat di usia 24 tahun pada 5 September 1949.

Semangat juang Wolter mulai muncul karena melihat penjajahan di Bumi Pertiwi yang tiada berkesudahan dan makin menjadi-jadi.

 Banyak Perlawanan terhadap penjajah yang dipimpin oleh Wolter muda ini, Pada tanggal 28 Februari 1947, ia ditangkap oleh Bala Tentara Belanda di Sekolah SMP Nasional Makassar, Wolter Mongonsidi Kemudian dipenjara, kakinya dirantai, dan dikurung dibalik terali besi.

Baca Juga: 3 Mei - Mengenang Hari kebebasan Pers Sedunia.

Sebagai Pemuda yang pantang menyerah dan memiliki semangat juang yang tinggi. Ia tak lantas putus asa dan menyerah begitu saja.

Tanggal 17 Oktober tahun 1948 bersama Abdulah Hadede, HM Yoseph, dan Lewang Daeng Matari, Wolter berhasil melarikan diri dari penjara melalui cerobong asap dapur. Sayang sekali, Wolter hanya bisa menghirup udara kebebasannya selama sepuluh hari.

Wolter di Vonis hukuman mati pada tanggal 26 Maret 1949. Robert Wolter mongonsidi menulis banyak rangkaian kata penuh makna yang menunjukan kesetiaanya terhadap ibu pertiwi.

Halaman:

Editor: Jay

Sumber: Historia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengalaman Inspiratif Momo Sangihe 2022 Maureen Aling

Rabu, 7 September 2022 | 19:33 WIB

Terpopuler

X